::: Bank Bumi Arta - Teman Anda Dalam Usaha :::
::: Bank Bumi Arta - Teman Anda Dalam Usaha :::
 Whistle Blowing
Pengantar
Dalam rangka mencegah terjadinya kasus-kasus penyimpangan operasional dan kejahatan perbankan, khususnya Fraud yang dapat merugikan nasabah dan Bank, maka perlu disusun strategi anti Fraud sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas pengendalian intern dan meminimalkan risiko Fraud.
Penerapan atas Kebijakan Penerapan Strategi Anti Fraud merupakan satu kesatuan dengan penerapan Manajemen Risiko khususnya sistem pengendalian intern, dan pelaksanaan tata kelola yang baik (Good Corporate Governance). Penerapannya harus menjadi fokus perhatian dan budaya di seluruh aspek organisasi Bank Bumi Arta, baik oleh manajemen maupun karyawan.
 
Definisi
Fraud adalah tindakan penyimpangan atau pembiaran yang sengaja dilakukan untuk mengelabui, menipu, atau memanipulasi Bank, nasabah, atau pihak lain, yang terjadi di lingkungan Bank dan atau yang menggunakan sarana Bank sehingga mengakibatkan Bank, nasabah, atau pihak lain menderita kerugian dan atau pelaku Fraud memperoleh keuntungan keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Jenis-jenis perbuatan yang tergolong Fraud adalah :
-  Kecurangan
-  Penggelapan Aset
-  Pembocoran Informasi
-  Tindak Pidana Perbankan
-  Benturan Kepentingan
-  Penyuapan
-  Kelakuan tidak Etis
-  Pelanggaran Lainnya
Strategi Anti Fraud adalah strategi Bank dalam mengandalikan Fraud yang dirancang dengan mengacu pada proses terjadinya Fraud dengan memperhatikan karakteristik dan jangkauan dari potensi Fraud yang tersusun secara komprehensif-integralistik dan diimplementasikan dalam bentuk sistem pengendalian Fraud.
Pengungkap Aib / Pelapor Pelanggaran (Whistleblower) adalah seseorang atau pegawai dalam suatu organisasi yang melaporkan, menyaksikan, mengetahui adanya kejahatan ataupun adanya praktik yang menyimpang dan mengancam kepentingan publik di dalam organisasinya dan yang memutuskan untuk mengungkap penyimpangan tersebut kepada publik atau instansi yang berwenang (Wikipedia, Columbia electonic encyclopedia:2005).
Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing) adalah pengungkapan tindakan pelanggaran atau pengungkapan perbuatan yang melawan hukum, perbuatan tidak etis / tidak bermoral atau perbuatan lain yang dapat merugikan organisasi maupun pemangku kepentingan, yang dilakukan oleh karyawan atau pimpinan organisasi kepada pimpinan organisasi atau lembaga lain yang dapat mengambil tindakan atas pelanggaran tersebut. Pengungkapan ini umumnya dilakukan secara rahasia (Confidential).
Investigasi adalah kegiatan untuk menemukan bukti-bukti terkait dengan pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan atau perusahaan, yang telah dilaporkan melalui sistem pelaporan pelanggaran (whistleblowing system).
Four Eyes Principle adalah pemisahan fungsi dengan tujuan agar setiap orang dalam jabatannya tidak memiliki peluang untuk melakukan dan menyembunyikan kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan tugasnya pada seluruh jenjang organisasi dan seluruh langkah kegiatan operasional.
 
Tujuan
Sebagai panduan bagi Bank dalam melakukan pengendalian Fraud melalui upaya-upaya yang tidak hanya ditujuka untuk pencegahan namun juga untuk mendeteksi dan melakukan investigasi serta memperbaiki sistem sebagai bagian dari strategi yang bersifat integral dalam mengendalikan Fraud.
 
Sarana Pengaduan
Laporan Pengaduan dapat dikirimkan ke alamat email whistleblowing@bankbba.co.id
 
Perlindungan bagi pelapor
Bank Bumi Arta berkomitmen untuk memberi perlindungan terhadap pelapor yang meliputi :
Jaminan atas kerahasiaan identitas pelapor dan isi laporan yang disampaikan
Jaminan perlindungan terhadap perlakuan yang merugikan pelapor
Jaminan perlindungan kemungkinan adanya tindakan ancaman, intimidasi, hukuman ataupun tindakan tidak menyenangkan dari pihak terlapor.
::: Bank Bumi Arta - Teman Anda Dalam Usaha :::
::: Bank Bumi Arta - Teman Anda Dalam Usaha :::